Polres Subang Ungkap Kelompok Spesialis Curanmor R2 dan R4

SUBANG – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Subag berhasil menangkap 6 pelaku pencurian kendaraan bermotor. Menurut Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni mereka trerdiri dari 2 kolompok masing-masing sepesialis sepeda motor dan mobil. "Pelaku sering beroperasi di wilayah Tambakdahan, Binong dan Pagaden," ujarnya kepada wartawan saat ekspose di Mapolres Subang, Senin (7/5/2018).
Kat aJoni aksi mereka sudah meresahkan masyarakat masyarakat. Modus yan mereka lakukan melakukan pencurian kendraaan yang terparkir di ruang terbuka maupun berada di dalam rumah.
Dari tangan pelaku mengamankan 3 barang bukti hasil kejahatan berupa sepeda motor. "Salah satu pelaku terpaksa kami ambil tindakan tegas (dengan ditembak di bagian kaki) karena berusaha melawan untuk melarikan diri," imbuhnya.
Dari hasi pemeriksaan sebelum melancarkan aksinya pelaku berencana akan melakukan pencurian di areal pesawahan di Kihapit Mariuk Tambakdahan. Pelaku yang berinisial S alias Gobang dan T melakukan aksinya dengan merusak kunci pada sepeda motor yang dalam terkunci stang. "Sementara RF dan Y melakukan pengawasan," jelas Joni.
Kemudian hasil kejahatan dijual dijual kepada seseorang penadah belum diketahui identitasnya seharga 1 juta rupiah. "Hasilnya dibagi masing-masing 200 ribu (rupiah). Sisanya digunakan untuk membeli minuman keras," jelasnya.
Setelah dilakukan pemeriksaan kepada S dan RF mereka mengakui sebagai pencuriannya. Dari pemeriksaan terungkap S mengaku pernah membeli sepeda motor Honda Beat Merah dari sesorang berinisial J. Lalu petugas mendatangi rumah J yang tidak jauh dari lokasi pencurian di RT 01/01 Gembor Pagaden. "Dari tangan pelaku mengamankan Honda Beat warna merah bernomor polisii T 3224 WB yang dicurinya pada tanggal 7 April 2018 di rumah korban sekira pukul 03 pagi," jelasnya lagi.
Dari kasus tersebut ada 2 orang yaitu berinisial T yang bertindak sebagai pelaku pencurian dengan merusak kunci dan Y sebagai pengawas yang kini dinyatakan Dalam Pencarian Orang (DPO).
Kemudian pelaku sepesialis roda empat berinisial D dan AH. Modus yang dilakukan pelaku ialah dengan menggunakan soket dan anak kuncinya. Ketika pelaku melancarkan aksinya mencuri mobil jenis Pickup Suzuki Futura warna hitam yang dilakukan 21 April 2018 di Kampung Krajan RT 09/02 Kihiyang Binong Subang dengan modus operandi dengan meggunakan soket kontak berikut anak kunci.
"Namun ketika akan melakukan pencurian pelaku D keburu diketahui dan diamankan warga selanjutnya diserahkan ke Mapolres Subang," tutur Joni. Setelah dilakukan pengembangan pelaku AH berhasil ditangkap di Cipunagara 6 hari kemudian. Pelaku melanggar pasal 363 dengan ancaman hukuman 6 sampai 7 tahun penjara.
Atas beberapa kejadian dengan berbagai modusnya, Joni menghimbau kepada pemilik kendaraan bermotor supaya meningkatkan kewaspadaannya. "Walaupun diparkir di dalam rumah alangkah lebih baik menggunakan alat pengamanan tambahan," pungkasnya.