Ingin Tahu Lokasi Pemilih, Cek "Sijalih"


SUBANG - Untuk melakukan pengecekan daftar pemilih untuk Pemilu Kepala daerah (Pilkada) 27 Juni mendatang pemilih bisa menggunakan aplikasi "Sijalih" atau Sistem Jabar Memilih. Sistem tersebut dapat diunduh di Play store. Gratis," ujar Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Subang, Ahmad Koncara, Rabu (2/5/2018).
Kata Ahmad Koncara yang biasa disapa Bram ini pemilih bisa memasukkan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. "Nanti kalau sudah terdaftar akan keluar nama lengkap, tempat mimilu memilih termasuk mana Panitia Pemungutan Suara (PPS) lengkap dengan Peta Google Earth," imbuhnya.
Aplikasi ini sambung Bram bisa juga buat ngecek data saudara, teman atau rekan kerja. "Apabila belum terdata bisa langsung mendaftarkan ke PPS supaya segera didaftarkan sebagai pemilih," katanya lagi.
Selain itu kata Bram dengan "Sijalih" bisa mengetahui tentang tahapan-tahapan Pilkada 2018 di Jawa Barat yang bisa diketahui secara luas oleh seluruh lapisan masyarakat. Dia juga menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Subang pada Hari H Pemungutan Suara Rabu 27 Juni 2018, agar masyarakat yang telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) agar membawa KTP elektronik atau Surat Keterangan dari Disdukcapil ketika menggunakan hak pilihnya di TPS. (MDC/KPU Kab Subang)