Hari Terakhir Kerja tetap Bertugas

SUBANG – Hari terakhir masa kerja bagi Eman Sulaeman, salah seorang staf Bagian Humas Setda Kabupaten Subang tetap melaksanakan tugas sebagai pendistribusi koran/surat kabar langganan Pemda Subang.
Tugasnya sebagai penyusun dan distribusi koran/surat kabar ke bagian-bagian di Setda Kabupaten Subang ini telah dijalaninya puluhan tahun.
Per tanggal 1 Juni 2018, Eman memasuki masa pensiun. Atas kinerjanya selama ini sangat diapresiasi baik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Abdurrakhman, yang menyebutkan hingga akhir jabatannya Eman mengakhiri dengan selamat. Bahkan selama melaksanakan tugasnya, kata Sekda sangat bagus. "Ini menjadi teladan yang baik bagi ASN yang lainnya," ujar Sekda saat mengomentari kinerja Eman dalam Apel Pagi di Pemda Subang, Kamis (31/5/2018).
Selanjutnya kata Sekda teladan yang diberikan oleh Eman selama ini patut diikuti yaitu mengerjakan tugasnya dengan sebaik-baiknya penuh tanggung jawab.
Hal senada dikatakan oleh Teddy salah seorang staf Honorer Humas yang menyebutkan Eman dikenal sebagai sosok yang sangat perhatian kepada sesama staf. "Apalagi kepada pelajar atau siswa yang sedang PKL (Praktek Kerja Lapangan, red). Pak Eman itu sering berbagi. Apalagi kalau pagi dia sering bertanya udah makan apa belum," ungkapnya.
Sering kali Eman berbagi kepada para pelajar PKL pakai uangnya sendiri. Makanya banyak PKL yang pernah terlibat kerja di Humas selalu ingat kebaikan dia. "Pernah ada yang sudah lulus pun suka sengaja datang hanya untuk ketemu Pak Eman," imbuhnya.
Kemudian kata Teddy, kerja Pak Eman itu unik sebagai pendistribusi media hampir setiap hari selama koran terbit. "Hari Sabtu dan Minggu pun tetap bertugas selama koran terbit, dia gak bisa libur," katanya.
Distribusi surat kabar yang dilakukan Eman memang cukup berat. Kalau libur kantor Sabtu/Minggu kadang dia terpaksa mengantarkannya ke rumah pejabat. Uniknya pada awal-awal tugas mengantarkan surat kabar dengan sepeda gunung. Bahkan Ada Kepala Bagian Humas yang menjulukinya sebagai Si "Gesit Irit".
"Pernah ada yang mengusulkan supaya Pak Eman diberi (inventaris) sepeda motor. Tapi gak tahu kenapa Pak Emannya gak mau, ya? Malah motornya punya sendiri," kata Teddy lagi.
Memasuki usia 58 tahun cukup lama mengabdikan selam 6 Kepemimpinan Bupati Subang. (hms)