Begini Upaya Pemkab Subang Supaya PI Patimban Bermanfaat untuk Subang

SUBANG - Bulan Juli mendatang akan ada proses eksisting tanah untuk kepentingan pembangunan Pelabuhan Patimban. Kata Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim dalam pengadaan tanah ini supaya disikapi dengan baik. "Pada proses ini pasti ada persoalan. Namun kita harus menyikapinya dengan baik dan positif," ujarnya dalam sambutan Safari Ramadhan di Masjid Baiturohman Pusakajaya, Senin malam (28/5/2018).
Selanjutnya kata dia Pemerintah tidak akan tinggal diam untuk mencari solusi. "(Supaya) apa yang ada di Kabupaten Subang bisa bermanfaat untuk rakyat Subang," imbuhnya.
Sedangkan lanjut Ating dirinya adalah yang pelaksana tugas diberikan amanah mengemban tugas sebagai kepala daerah. Oleh karena itu membutuhkan dukungan dari semua lapisan masyarakat dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan.
Lalu dia menyampaikan terima kasih kepada para pendahulu atas prestasi yang telah diraih selama memimpin Subang. "Namun sebagai manusia biasa mengalami cobaan untuk itu kita doakan supaya diberikan kekuatan dalam menghadapinya," ujarnya.
Pada kesempatan itu diserahkan bantuan kepada DKM Masjid Baiturrahman berupa karpet, pengeras suara dan tafsir Al-Quran,  bantuan kaum duafa sebesar 10 juta rupiah anak yatim yang bersumber dari zakat profesi pejabat lingkup Pemkab Subang, bantuan alat mesin pertanian (alsintan) pra panen dari Dinas Pertanian berupa traktor R2, pompa air, hand sprayer dan power thresher.
Berikut penyerahan KTP elaktronik, akta kelahiran dan akta kematian kepada masyarakat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Subang serta bantuan pertanian kepada kelompok ternak berupa unit instalasi biogas, domba unggul jantan dan betina.
Sambutan Camat Pusakajaya, H. Toni menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan pelayanan pada kegiatan Safari Ramadhan. Lalu dia menyampaikan bahwa di Pusakajaya tengah panen.
Kemudian sambutan Forkopimda disampaikan oleh Kepala  Kementerian Agama (Kemenag) Kab Subang, H. Abdurohim yang menyebutkan bahwa  tugas yang diemban Kemenag ialah untuk melaksanakan kebijakan pemerintah dibidang keagamaan. "Selama ini situasinya kondusif," ujarnya.
Lalu dia menyampaikan  bahwa Kemenag  tengah mempersiapkan 3 kecamatan untuk sertifikasi wakaf gratis. Dilakukan pada kecamatan yang siap.
Sedagkan pada  proses pembangunan Pelabuhan Patimban Kemenag pun akan ikut membantu proses tanah wakaf yang diperuntukkan lapang dan masjid.
Lalu disampaikan bahwa kuota Jamaah Haji di Kabupaten Subang sebanyak 1.196 orang. Pihaknya berterima kasih kepada  Bupati yang telah memberikan bantuan sebesar 800 juta rupiah.
Dalam Tausiyah Ramadhan KH. Abdussalam, MA menyampaikan pentingnya mempertahankan ibadah Bulan Ramadhan yaitu puasa dalam arti menahan dari hal-hal yang membatalkan puasa maupun mengugurkan pahalanya. Kemudian meramaikan kegiatan ibadah Ramadhan membaca Al-Qur'an. "Dimana pada bulan Ramadhan ini Al-Qur'an diturunkan," ujarnya. Kemudian bersedekah dan berzakat untuk menyucikan diri dan harta.
Kemudian dilanjutkan dengan shalat tarawih berjamaah dengan imam KH. Oyok Hasbullah dan bilal Ust. Sudomo.
Menurut keterangan Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kab Subang kegiatan Safari Ramadhan diikuti oleh Kecamatan Pusakajaya yang diikuti Kecamatan Pusakanagara, Kecamatan Compreng, Kecamatan Pamanukan, Kecamatan Legonkulon, Kecamatan Tambakdahan, Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Cipunagara. (Satriya)