45 Kendaraan Terjaring Operasi ODOL


SUBANG - Dalam Operasi Operasi Over Dimention and Over Loud (ODOL) yang dilakukan Polres Subang Jawa Barat melakukan penilangan kepada 45 kendaraan. Masing-masing 18 kendaraan di Rest Area Tanjungwangi dan 37 kendaraan di dalam di Gerbang Tol Cilameri Subang dan Rest Area Tanjungwangi Subang.
Operasi ini menyasar sarana angkutan barang dan orang (Sarang) yang melitas di jalur wilayah hukum Subang. Operasi berlangsung di 2 lokasi yaitu di rest area Tanjungwangi dan gerbang Tol Cipali di Cilameri Subang.
Menurut Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni sebagaimana dikatakan Kepala Satuan Lalu-Lintas (Kasat Lantas) Polres Subang, AKP Budhy Hendratno, semua kendaraan yang melintas, khususnya kendaraan angkutan barang yang overloud (kelebihan muatan) langsung diperiksa oleh petugas terkait. "Bagi kendaraan yang melanggar terpaksa kami tilang dan supirnya diberikan arahan oleh Kanit Dikyasa tentang kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertibanm kelancaran berlalu-lintas, red)," ujarnya menjelaskan di Rest Area Tanjungwangi, Jum'at (18/5/2018).
Kata dia operasi ini bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan lalu-lintas, kerusakan jalan, dan kemacetan kendaraan yang diakibatkan kendaraan dengan muatan berlebih (overload). "Kita antisipasi, ya. Lagi pula kita juga sering dengar pengguna jalan atau masyarakat mengeluhkan jalan yang rusak dan kepadatan arus (kendaraan) akibat muatan kendaraan berlebihan," imbuhnya.
Kegiatan Operasi melibatkan Polres Subang dalam hal ini Kepala Satuan Lalu-Lintas (Satlantas), Kepala Unit (Kanit) Patroli Jalan Raya Tol Cipali, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang beserta staf dan tim penguji, Kepala Terminal Tipe A Subang dan Kepala Unit Dikyasa.