Begini Cara Polres Subang Berantas Miras Oplosan

SUBANG – Untuk mengantisipasi peredaran miras oplosan, Polres Subang melakukan upaya kepolisian yang ditingkatkan. Menurut Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni pihaknya melakukan upaya tersebut dengan penambahan personil pada waktu-waktu yang dianggap rawan seperti akhir pekan dan malam libur. "Hampir setiap hari ada saja ditemukan minuman keras oplosan,"ujarnya kepada Reporter Subang dengan nada prihatin, Rabu (11/4/2018).
Pada operasi terakhir saja, lanjut Joni berhasil mengamankan 220 botol miras dan 7 liter tuak jenis gambling. "Minuman ini sering dicampur menjadi miras oplosan. "Campurannya pun dengan bahan-bahan berbahaya seperti obat anti nyamuk," ujarya sambil menyebut nama salah satu obat anti nyamuk.
Kemudian Joni memperlihatkan berbagai barang bukti yang diamankan hasil kerja anggotanya.
Selanjutnya kata dia kepada pemilik minuman keras diterapkan tindakan sebagai tindak pidana ringan (tipiring). Tetapi apabila mereka terbukti melakukan pengolahan secara aktif dalam bentuk perusahaan atau home industri, pihaknya akan menerapkan undang-undang (UU) lain yaiu UU Perlindungan Konsumen, UU Kesehatan dan UU Pangan. "Itu hukuman bisa mencapai lima tahun penjara," tegasnya.