Inilah Susunan SOTK Baru Pemkab Subang

Subang, Akhirnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Struktur Organisasi Tata Kerja Perangkat Daerah (SOTK) disahkan menjadi Perda melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang, Senin (5/9/2016).
Dalam sambutannya Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih menyampaikan dengan disahkannya Persetujuan dan Penetapan Perda STOK diharapkan membantu kelancaran kinerja di Pemerintah Kabupaten Subang untuk bisa lebih baik.
Perangkat Daerah terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, 21 Dinas, 4 Badan dan 30 Kecamatan. Adapun susunannya ialah:
Dinas Daerah terdiri dari:
1.     Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
2.     Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga
3.     Dinas Kesehatan
4.     Dinas Perhubungan
5.     Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian
6.     Dinas  PU dan Tata Ruang
7.     Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Pemukiman
8.     Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian
9.     Dinas Pertanian
10. Dinas Peternakan
11. Dinas Ketahanan Pangan
12. Dinas Kelautan dan Perikanan
13. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
14. Dinas Sosial
15. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
16. Dinas Lingkungan Hidup
17. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
18. Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
19. Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu
20. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
21. Dinas Satuan Polisi Pamong Praja
Badan Daerah terdiri dari:
1.     Badan Keuangan Daerah
2.     Badan Perencanaan dan penelitian dan Pengembangan
3.     Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan
4.     Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran
Berikut Staf Ahli yang terdiri dari Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembagunan dan Keuangan, dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.
Pada Sidang paripurna dilaksanakan Penyampaian Nota Pengantar dua buah Raperda Usulan Pembahasan DPRD yaitu: Raperda Perubahan Perda No 6 tahun 2016 tentang PDAM Tirta Rangga Kab Subang Dan Raperda tentang Ketenagakerjaan di Kab Subang.
Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Beni Rudiono yang didampingi Wakil Ketua, Agus Masykur, Ahmad Rizal dan Sekda Drs.H Abdurahman M.Si, Kapolres Subang AKPB Yudi Sulistianto, Kajari Subang Chandra Yahya Welo SH, Anggota DPRD Kab subang, Dansub Denpom Kapten POM Sarno, Dan Unit Intel Dim 0605 Subang Letda Sukaji, para Kepala Dinas/Instansi/Camat dan tamu undangan.
Sehubungan dengan perubahan SOTK menurut Sekda Kab Subang, Abdurakhman kemungkinan dalam penyesuaiannya diperkirakan sekitar 300 orang eselon III dan IV akan kehilangan jabatan.
Selanjutnya pasca penetapan SOTK, pihak Badan kepegawaian daerah (BKD) akan mengadakan pemetaan eselon II dan III dan sebelumnya dilakukan assessment dengan tim penilai dari Provinsi Jawa Barat.